SATUDARAH Motor Club : Penguasa Jalanan Di Bumi VOC

Posted: 07/08/2011 in Budaya

SATUDARAH sebuah istilah yang tidak terdengar asing ditelinga masyarakat indonesia, sebuah istilah yang merujuk pada sebuah ikatan sakral tentang persaudaraan dan solidaritas sesama. Akan tetapi tahukah anda? Jika SATUDARAH yang saya maksudkan sebenarnya adalah SATUDARAH MC sebuah geng motor yang berdomisili di Moordrecht, sebuah wilayah dekat kota Gouda, di Belanda. Geng motor ini di dirikan oleh 9 orang warga Belanda yang sebagian besarnya adalah keturunan Maluku. Tepatnya pada tahun 1990 kelompok ini mendeklarasikan diri sebagai komunitas biker Harley Davidson dan Semakin lama, klub ini tumbuh semakin besar. Anggota pun terus bertambah hingga mencapai ribuan anggota dan saat ini tercatat memiliki 8 cabang wilayah di Belanda, yakni di Gouda, Den Haag, Hengelo, Apeldoorn, Rotterdam, Tilburg, Beverwijk dan Bergen op Zoom.

Eratnya budaya persaudaraan dan kuatnya solidaritas di dalam budaya masyarakat maluku yang terkenal dengan budaya Pela Karas, Pela Gandong dan Pela Tampa Siri-nya, ternyata memberi pengaruh yang kuat terhadap budaya organisasi SATUDARAH MC. Sebagai sebuah geng motor yang cukup besar di Belanda, SATUDARAH MC memiliki karakter khas yaitu tingkat solidaritas dan persaudaraan yang tinggi diantara para anggotanya. Sebagai contoh, mereka sanggup memobilisasi ratusan bahkan ribuan bikers dalam waktu kurang dari setengah hari hanya untuk mengantar jenazah dari anggota SATUDARAH MC yang meninggal ke areal pemakaman. Hal ini adalah sebuah contoh paling konkrit persaudaraan dan solidaritas yang kuat terbentuk menjadikan setiap anggota merasa memiliki sebuah keluarga besar yang lebih penting dari segala-galanya termasuk pekerjaan atau profesinya.

Waktu demi waktu berlalu dan perekrutan demi perekrutan berjalan tanpa disadari SATUDARAH MC telah menjadi penguasa jalanan di setiap penjuru di kota-kota Belanda. Seperti sudah menjadi hukum alam, dunia jalanan penuh dengan gesekan dan konflik yang menjurus pada kekerasan fisik. Beberapa anggota SATUDARAH MC mulai terlibat aksi keributan dengan kelompok lain, Disatu sisi rival terkuatnya geng motor Hells Angels – yang sudah lebih dulu mendunia karena kekejiannya membantai 11 orang anggota Bandido’s di skandinavia pada tahun 1990 – seakan menantang nyali SATUDARAH MC demi sebuah pembuktian, siapa yang paling berkuasa di jalanan bumi VOC???.

Sabtu (30/7/2011), bentrokan yang sedianya menjadi ajang pembuktian itu akhirnya terendus oleh pihak yang berwajib. Sebuah laporan masyarakat menerangkan akan terjadi sebuah bentrokan besar di tengah kota Amsterdam antara SATUDARAH MC dan Hells Angels. Polisi bergerak cepat melakukan upaya preventif dengan menangkap 56 anggota Satudarah. “Ada kemungkinan konfrontasi antara geng Satudarah dan anggota Hells Angels,” kata seorang pejabat polisi. “Mereka ditahan pada Sabtu malam karena mengganggu kenyamanan publik. Semua yang ditangkap berasal dari Satudarah,” kata polisi tersebut menambahkan. Ketegangan antar dua kelompok geng motor ini sudah tercium oleh polisi sejak jauh hari. Pemicunya tiada lain karena perebutan kekuasaan wilayah. Hells Angels saat ini tercatat sudah memiliki kelompok di 17 wilayah di Belanda. Mereka bahkan sudah mendeklarasikan diri sebagai organisasi kriminal. Juru bicara kepolisian Amsterdam mengatakan pada koran Algemeen Dagblad, ”polisi akan melakukan segala cara untuk mencegah kemungkinan bentrokan antar geng motor. Kejadian pada tahun 1990 antara geng Hells Angels dan Bandidos di Skandinavia yang menewaskan 11 orang dan 95 luka-luka tak akan terjadi di Belanda.” ujar Juru bicara kepolisian.

video aksi solidaritas dan penghormatan kepada anggota yang meninggal

sumber : dari berbagai tulisan

Komentar
  1. JIM mengatakan:

    THAKS BOZ INPONYA….

  2. […] bangga secara bisa bikin nama INDONESIA dikenal walau bukan karena rusuh nya ya SUMBER : – https://ekosospol.wordpress.com/2011/…n-di-bumi-voc/ – http://karodalnet.blogspot.com/2011/…udarah-mc.html Spoiler for open […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s